Saturday, November 6, 2010

Tegal

Judulnya aneh ya? Saya bahkan tidak tahu judul apa yang bagus untuk post ini, tapi judul di atas benar2 menggambarkan apa yang hendak saya tuliskan sekarang. mungkin lebih tepat jika judulnya ada Wisata Kuliner di Tegal. Tegal, sebuah kota di Jawa Tengah menjadi tempat liburan (sekaligus kerja) saya dan beberapa teman minggu lalu. 5 hari di kota itu membuat kami menjadi petualang kuliner dan menambah berat badan. Haizzz, efek paling menyebalkan sehabis liburan. 

Kota Tegal sesungguhnya tertata dengan baik. ada 1 hal yang paling menonjol di tempat ini adalah banyaknya gambar/iklan Teh Poci dan Teh Tong Tji. Hampir setiap warung makan ataupun toko memakai gambar kedua teh ini. bahkan jika anda memesan teh poci, anda akan disuguhkan poci tanah liat ukuran kecil, cangkir kecil, bisa dari tanah liat ataupun keramik yang berisi gula batu putih. Teh sendiri merupakan komoditi utama dari daerah Jawa Tengah, khususnya Tegal. 

Sebagai pecinta makanan pedas, saya awalnya cenderung pesimis mengenai kuliner di Tegal. Apalagi setelah bertanya pada teman saya yang anak Tegal, dia amat sangat tidak bisa memakan makanan pedas. Nah loh, bagaimana nasib saya? Sejam sebelum berangkat baru saya ingat bahwa saya tidak membeli sambel botol sebagai penyelamat citarasa. Namun ternyata, saya menemukan sambel yang gila2an di Tegal, bahkan dari makan malam pertama saya di sana. Menyenangkan! Perjalanan saya dan teman2 pun lancar karena kami semua adalah pecinta pedas. Sambel, mari silahkan datang. 

 soto tauco - sauto di daerah Talang.

 olahan swike (kodok goreng).

sajian teh poci di sate Wendy's 

nasi lengko. isinya hanya nasi, kerupuk, tahu, ketimun dan saus kacang. 
benar2 bukan selera saya. 



 nasi gombyang, seperti nasi rawon di lidah saya. 

menu sate dan gule kambing Wendy's. sate kambing terenak menurut saya.

sajian bebek goreng Haji Slamet

rombongan lengkap.

Guci, Tegal

Baturraden, Purwokerto

Sepertinya saya masih akan mengunjungi kota Tegal di tahun ini. Semoga kali ini ada hidangan kuliner lain saya bisa saya cicipi. Meskipun sepertinya hampir tiap olahan khas kota ini sudah saya rasakan, bahkan hingga ke tempat wisata andalannya, Permandian Air Panas Guci dan Pantai Alam Indah. Hanya saja kota Tegal agak panas karena dekat dengan pantai dan juga tempat-tempat makanan khas yang terkenal tidak cukup terjamin kebersihannya. Untungnya saya dan teman2 tidak ada yang sakit sehabis dari sana. Saya mungkin sedikit lelah saja. Tapi pengalaman 5 hari di Tegal benar2 menyenangkan hati saya. 

Inyong mau ke Tegal lagiiii...

3 comments:

Sweet Caroline ^^ said...

hahahahahahha, Naa......kenangan di Tegal anda sangat menyenangkan sekali!!!!! saya jadi iriii, hahaha...

waktu aku di Tegal kemarin, sebagian besar waktu dihabiskan untuk bobo dan bikin laporan hahaha....

Ana mau ke Tegal lagi?!?! dalam rangka "ini" atau pribadi?! hahaha.....aku pingin pegi lagi klo barengan Ana....^o^

Sweet said...

Inyong mau ke Tegal lagi itu salah yang benar enyong pan maring Tegal maning.........-_-

Anna Stupid said...

Inyong mau ke Tegal lagi itu salah yang benar enyong pan maring Tegal maning.........-_-
Anna S****d