Saturday, July 18, 2009

Kuliner Manado

Hai, bloggie. Sekarang saya lagi mau bagi-bagi info tempat makan enak di Manado. Secara saya besar di Manado, jadi sedikit banyak saya tau nama tempat makan yang enak di sini. Saya bikin list berdasarkan tempat yang paling saya sukaaa n sering makan ya (hehehe, ketauan doyan makan enak ya?) Ini dia.

1. Restoran Pongkor (arah Bitung)
Ini restoran, ikan mujair bakar rica-nya MAKNYUSS BANGET!!! Percaya deh sama saya, memang enak banget. Apalagi pas lagi lapar-laparnya, kan perjalanan kesitu agak jauh, tapi dijamin worth abis! Ini resto langganan keluarga saya, biasanya tinggal telp pas kita mau jalan, nyampe sana tinggal makan deh hehehe.. Enak banget!

2. Lesehan Semarangan ( Jalan Babe Palar, Rike)
Kalau yang ini tetanggaan sama saya, bisa dijangkau jalan kaki deh. Ayam gorengnya, ENAK BANGET!!! Kecil sih karena ayam kampung, tapi enak banget hehehe.. Saya suka makanan ala Malioboro di tempat ini. Kita juga bisa lesehan duduknya. Sop buntut, gudeg, tahu tempe bacemnya juga enak loh. Harganya amat bersahabat juga.

3. Green Garden (Jalan Samratulangi, sebelah Rex Mundi)
Hahaha, kalau yang ini mah persis di sebelah sekolah saya. Dari SD sampe SMA kerjaan saya ya makan di tempat ini. Dari pagi-pagi dia baru buka sampe hampir tengah malam pas kelaparan abis Prom Night hahaha.. Ada gitu saya, Angel sama Herlin kelaparan ga kenyang makan kue, jadinya kabur disini deh makan nasi. Saya kan sekolah di kompleks yang sama, nah, lokasi SMP tuh yang sebelah persis sama GG ini. Jadi kalau dah siang, dah ga konsen deh, abis wangi banget hahaha.. Menu andalan saya sih tetap dari masa ke masa, Nasi Goreng Babi Bakar dan Vanilla Ice Cappucino. Never fail deh hehe..

4. Restoran City Extra, Bandar, Nelayan (arah Amurang)
Cita rasa tiga resto seafood ini sih menurut saya sama aja. Jadi saya masukin aja sekalian sebagai bahan referensi. Pemilihan lokasi sih tergantung kepadatan biasanya hehehe.. Kalau mau view lebih bagus, saya pilih Bandar, tapi kalau hari hujan mending di Nelayan deh. Untuk masalah parkir, City Extra ma Bandar banyak banget parkirannya.

5. Heng Mien (Tinoor)
Ini resto ala Padang di Manado, tapi itungannya per orang bukan per porsi yang kita makan. Menu-nya ya menu khas Manado, yang aneh-aneh itu hehe.. Tapi setau saya di Heng Mien ga jual paniki (kelelawar), di Tinoor Jaya tuh yang jual. Saya sih ga gitu tau dan suka makanan Minahasa (khas Manado). Menurut saya bumbunya kebanyakan, trus bentuknya aneh. Jadi paling saya cuma makan Sate Babi atau Sate Ayam dan sup. Paling aneh yang mau saya makan si colombi (siput) dan acar.

6. Bakmi Super Cab. Jembatan Lima Jakarta (depan Wanea Plaza)
Ini sih sebenarnya favorit papa saya dan Daling. Kita pada suka sama mie keritingnya sih. Mie-nya dah enak dari sono-nya. Jadi mereka tinggal nambah daging dan sayur, voila, mie-nya jadi deh. Seporsi Rp12000, lumayan kan? Enak sih memang, apalagi abis berenang, itu enak banget hehe..

7. Ta Wan, Mantos
Resto standar mall sih, jadi pasti enak juga. Saya suka Sapo Seafoodnya. Menu andalan lain sih terserah papamama aja. Saya ga rewel kalau dibawa ke restoran Chinese Food sih, jadi gampang-gampang aja.

8. Quali, Mantos
Kita pada makan di Quali kalau papamama lagi ngidam Kwetiau. Karena di Manado, kata papamama ni (kita pada ga suka kwetiau, paling kita makan kwetiau kalau pas lagi di Medan aja) kwetiau yang enak ya kwetiau Quali. Plus karena ada taoge-nya, yang khas kwetiau Medan. Untuk menu lain sih, mirip-mirip aja ma Ta Wan. Tapi harga lebih murah deh kayaknya, oya, ada diskon 10% buat mahasiswa deh kalau ga salah.

9. Nasi Kuning jalan Sam Ratulangi
Saya sih ga gitu hapal lokasinya. Pokoknya dia ada di salah satu lorong jalan Samrat. Nasi kuningnya sih standar, cuma pake ikan cakalang dan kentang goreng, serius loh, polos aja dia, paling kalau mau tambah telur rebus. Tapi sambelnya, ga kuattt!! Pedes banget, jadinya enak banget ni nasi kuning secara keseluruhan. Kalau ga salah ingat sih ini di lorong Orlane, dekat rumah Pak Guru Iwan pas SMP dulu. Ntar kalau dah pasti saya kabarin lagi deh hehe..

10. Dego-dego, Wakeke
Kalau pas di Manado dan pengen nyicipin Tinutuan (Bubur Manado), tinggal nyebut aja Jalan Wakeke. Sepanjang jalan ini jual tinutuan soalnya. Dan favorit papamama saya adalah Dego-dego ini. Awalnya sih karena papa ngeliat Maudy Koesnaedi makan di tempat ini, trus pas liat tempatnya bersih dan keren, jadi kita keterusan makan di sini deh. Ga gitu suka tinutuan sih, ada sayur yang begetah gitu, tapi kalau pas di Manado ga makan tinutuan sekali aja, kok rasanya aneh ya? Jadi biar cuma sekali aja saya pasti makan tinutuan di Dego-dego ini. Oya, biasanya pas dah nyampe disana, saya sama mama justru mesan yang aneh-aneh kayak pisang goreng keju sama roti bakar keju, karena ga gitu suka tinutuan deh hehehe..

Nah, ini baru 10 sih. Top 10 tempat makan favorit saya dan keluarga di Manado, Sulawesi Utara. Ntar saya tambahin lagi listnya deh kalau dah jalan-jalan dan nemu makanan enak lagi di Manado. So, kalau pas di Manado, selamat makan-makan ya :)

1 comment:

ary said...

klo aku paling suka mie cakalangnya :)