Saturday, December 12, 2009

Motivation Principles

Belajar adalah aktivitas yang tidak terlepas dari sejumlah faktor yang mendorongnya. Faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar adalah motivasi. Motivasi hadir dalam bentuk dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu. Motivasi memegang peranan penting dalam aktivitas belajar seseorang. Tidak ada seorang pun belajar tanpa motivasi. Tidak ada motivasi berarti tidak ada proses belajar. Agar motivasi dapat optimal, maka sejumlah prinsip motivasi dalam belajar ini pun harus diperhatikan.


 kegiatan belajar mengajar di dalam ruangan

  1. Motivasi sebagai dasar penggerak yang mendorong aktivitas belajar. Seseorang melakukan aktivitas belajar karena ada yang mendorong. Motivasilah dasar pendorong seseorang untuk belajar. Ini berbeda dengan minat karena minat tidak sampai melakukan, hanya memiliki kecenderungan untuk menyukai sesuatu, belajar contohnya. Jika seseorang sudah termotivasi untuk belajar, maka dia akan melakukan aktivitas belajar dalam rentang waktu tertentu. 
  2. Motivasi intrinsik lebih utama daripada motivasi ekstrinsik dalam belajar. Guru lebih banyak memberi motivasi ekstrinsik kepada anak didiknya, terutama untuk anak yang malas belajar. Dari motivasi ini ada efek yang tidak diinginkan, yaitu kecenderungan ketergantungan anak.
  3. Motivasi berupa pujian lebih baik dari hukuman. Setiap orang senang dihargai dan tidak suka dihukum dalam bentuk apapun juga. Memuju orang lain berarti memberikan penghargaan akan kerjanya. Berbeda dengan pujian, hukuman diberikan kepada anak didik dengan tujuan memberhentikan perilaku negatifnya. Diharapkan frekuensi kesalahan pun berkurang setelah adanya hukuman.
  4. Motivasi dapat memupuk optimisme dalam belajar. Anak didik yang mempunyai motivasi dalam belajar selalu yakin dapat menyelesaikan setiap pekerjaan yang dilakukan. Dia pun yakin bahwa belajar bukanlah kegiatan yang sia-sia. Hasilnya pasti akan berguna, kini dan masa yang akan datang.
  5. Motivasi berhubungan erat dengan kebutuhan dalam belajar. Kebutuhan yang tidak bisa dihindari dari anak didik ialah keinginan untuk menguasai sejumlah ilmu pengetahuan. Oleh karena itulah anak didik belajar. Karena bila tidak belajar, berarti anak didik itu tidak mendapat pengetahuan. Guru yang berpengalaman cukup bijak memanfaatkan kebututuhan anak didik, sehingga dapat memancing semangat belajar anak didik agar menjadi anak yang gemar belajar untuk memuaskan rasa ingin tahunya terhadap sesuatu.
 
kegiatan belajar mengajar di luar ruangan

    No comments: